Buku Kedua di 2011 – "OUTLIERS"

“Outliers” karya Malcolm Gladwell.
Sumber: SINI

Resolusi tahun 2011 saya adalah membaca dua puluh buku. Ini adalah buku kedua yang saya baca di tahun 2011. Sebenarnya saya sudah mulai membacanya sejak akhir 2010, namun baru sempat saya selesaikan beberapa waktu yang lalu. Berikut ulasan singkatnya.

Dalam Outliers, Malcolm Gladwell untuk ketiga kalinya sukses merajut berbagai penelitian, eksperimen, dan telaah Psikologi menjadi bahan yang menarik untuk dibaca. Dalam buku ketiganya ini, Gladwell seakan melontarkan pertanyaan besar pada pembacanya:
“Mungkinkah kesuksesan ditelaah?”,
“Apa rahasia di balik setiap kisah kesuksesan?”.

Gladwell  memang tidak secara gamblang menjawab pertanyaan itu di awal buku. Ia lebih memilih menjelaskan secara perlahan melalui berbagai cerita, contoh kasus, data, dan fakta yang terjadi dalam kisah penciptaan orang-orang sukses yang luar biasa. Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi kesuksesan seseorang. Gladwell memahami betul hal tersebut. Dengan cerdas ia berusaha mengintisarikan berbagai faktor yang menurutnya penting, tentu didukung oleh argumentasi dan data yang kuat.

Tidak sedikit pandangan yang menyatakan bahwa kesuksesan seseorang adalah hasil dari kerja keras dan keberuntungan. Dalam dunia Psikologi, perdebatan tentang dominasi faktor bawaan atau lingkungan pada kehidupan seseorang belum kunjung usai. Gladwell tidak melupakan hal-hal di atas. Dalam bukunya ia justru berusaha menjelaskan lebih mendalam dan berdasar pada contoh kasus, kerja keras dan “keberuntungan” seperti apa yang bisa mengantar seseorang pada kesuksesan. Sejauh mana faktor bawaan dan lingkungan mempengaruhi kesuksesan seseorang pun dijabarkannya dengan apik.

Dalam buku ini banyak sekali kisah orang sukses yang coba ditelaah Gladwell melalui kacamatanya. Mulai dari kisah atlet-atlet berbakat, siswa-siswa jenius, pemusik ternama (The Beatles), penemu hebat (Bill Gates dkk), pengacara kawakan, pengusaha sukses, dan masih banyak lagi. Berulang kali Gladwell mencoba menyampaikan bahwa berbagai faktor yang sering dipandang semata sebagai “keberuntungan”, nyatanya tidak sepenuhnya terjadi secara acak dan kebetulan.

Halaman demi halaman ditulis Gladwell dengan gaya penceritaan yang mudah dan menarik untuk dibaca. Berbagai fakta mengagumkan diutarakannya, termasuk yang awalnya sulit dipercaya. Namun dengan cerita yang mendetil dan bertahap, pembaca menjadi memahami proses yang terjadi dalam setiap fakta mengagumkan tersebut. Mulai dari bagaimana bulan kelahiran bisa menentukan apakah seseorang memiliki kans untuk menjadi atlet hebat atau tidak. Bagaimana negara asal pilot dan struktur pembagian tugas bisa mempengaruhi kesuksesan sebuah penerbangan. Bagaimana tahun kelahiran yang berbeda bisa membuat dua orang yang “kembar” bisa memiliki nasib jauh berbeda. Bagaimana sia-sianya kecerdasan intelektual sebagian orang terhadap kesuksesan orang tersebut. Dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan buku ini sangat bagus dan layak untuk dibaca siapa pun. Perhatian Gladwell pada hal-hal detil, risetnya yang mendalam, dan gaya penulisan yang menarik rasanya wajar membuat buku ini sangat laris terjual. Sekali lagi, Gladwell berhasil membuat penelitian-penelitian ilmiah, khususnya Psikologi, yang seringkali membosankan, menjadi sangat menarik untuk dibaca. Selamat membaca!

One thought on “Buku Kedua di 2011 – "OUTLIERS"”

Kirim Komentar!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s