Duka di Awal 2021

Baru setengah bulan kita memasuki 2021, tampaknya tanpa ba-bi-bu ia langsung tancap gas. Kabar duka satu per satu menghiasi hari-hari kita. Pandemi tak kunjung reda, jumlah kasus baru terus meningkat (nyaris 13.000 kasus baru di hari tulisan ini ditulis), pun angka kematian terus menanjak, baik masyarakat pun nakes.

Kita masih menahan nafas menyaksikan pandemi berkecamuk, lantas kabar duka lainnya hadir tanpa aba-aba. Tragedi Sriwijaya Air, yang jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandar Soekarno Hatta, amat menyayat hati.

Belum lagi bencana alam yang terjadi dimana-mana. Gunung Merapi terus erupsi. Longsor di sejumlah daerah. Gempa di Sulawesi. Banjir Bandang di Kalimantan.

Wafatnya Ulama Syekh Ali Jaber turut menambah daftar luka dan duka yang harus kita terima. Meski saya pribadi hanya sesekali melihat ceramah beliau yang teduh dan sejuk itu, namun melihat bagaimana linimasa medsos dan status WhatsApp handai taulan sekalian saat beliau meninggal, jelas betapa beliau telah menyentuh dan berbekas ke kehidupan demikian banyak manusia.

Dari ruang terdekat pun, ada kabar duka. Salah satu paman saya meninggal minggu lalu. Setelah dua tahunan melawan penyakitnya, akhirnya beliau wafat di usia 74 tahun. Menghadiri ibadah penghiburan dan pemakaman tentu bukan pengalaman menyenangkan, terlebih di tengah pandemi. Kala jarak harus dijaga, sentuhan fisik dihindarkan, tamu dibatasi, dan durasi berduka yang seakan harus tuntas sesegera mungkin.

Saya sadar, sepanjang 2021 ini tentu akan lebih banyak lagi kabar duka. Bagaimanapun, suka dan duka adalah bagian dari hidup. Tak terhindarkan. Paham, kok. Tapi entah kenapa rasanya belakangan ini duka lebih sering muncul dibanding suka. Mungkin hanya perasaan saya saja. Mungkin bias yang dimunculkan media juga (bad news is good news). Entah.

Apa pun itu, semoga sepanjang 2021 ini kita diberi banyak suka untuk kita nikmati. Serta kekuatan yang cukup, untuk melewati setiap duka yang melintas. Ya, semoga.

Kirim Komentar!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s