Insights yang gue dapet dari Bad Blood!

Buku ini menceritakan tentang perjalanan Elisabeth Holmes dan start-up yang ia dirikan, Theranos, yang bergerak di bidang kesehatan. Digadang-gadang akan merevolusi dunia kesehatan dengan tes darah yang begitu mudah dan murah, hingga sempat memiliki valuasi hingga 10 miliar USD. Namun akhirnya mimpi indah itu hancur lebur dengan cepat. Ya meski tidak secepat afiliator Binomo sih.

Theranos terbukti melakukan berbagai tindak kriminal. Mulai dari kejahatan finansial hingga penipuan terhadap investor, rekan bisnis, Instansi Kesehatan, hingga dokter dan pasien. Beberapa petingginya pun sudah divonis bersalah oleh pengadilan.

  1. JANGAN MUDAH TERBUAI MIMPI INDAH DAN JANJI PALSU
    If something sounds too good to be true, it probably is. Cara mudah untuk cepat kaya tanpa kerja keras. Cepat kurus dalam dua minggu. Klaim dan janji-janji manis seperti ini, perlu banget kita waspadai. Bisa jadi memang cuma trik marketing saja. Seperti klaim Theranos untuk menghasilkan tes darah yang lebih cepat dan murah dari uji laboratorium, dengan hasil jauh lebih lengkap dan akurat. Nyatanya, semua cuma tipu-tipu belaka.

  2. HINDARI CONFIRMATION BIAS, BIASAKAN KRITIS!
    Confirmation bias adalah salah satu sesat pikir yang sangat umum terjadi pada kita. Begitu manusiawi. Kita akan menerima pendapat dan data yang sejalan dengan pemikiran kita, dan menolak yang tidak sejalan. Ini yang dilakukan Elizabeth Holmes, selalu menyerang siapapun yang memberi saran kritis atau ide bertentangan dengan dirinya. Akhirnya, ia terjebak dalam gelembungnya sendiri. Untuk bisa menghindari ini, kita harus membiasakan diri mengkritisi segala sesuatu, termasuk pemikiran kita sendiri. Buka ruang untuk diskusi. Bijak mengelola kritik dan saran dari orang lain.

  3. FAKE IT TILL YOU MAKE IT GAK SELALU BERHASIL
    Ada kecenderungan untuk fake it till you make it. Pura-pura dulu aja, nanti juga tercapai beneran. Jika konsep ini kamu gunakan untuk memotivasi diri, atau membuatmu bisa berpikir seperti orang sukses atau orang kaya, bisa jadi ini berhasil. Selama fokusnya adalah mengubah diri kita sendiri. Tapi kalau kita berpura-pura untuk menipu dan membuat orang lain salah paham, suatu saat tipu daya itu akan terhenti. Dan kamu akan tertampar realita. Seperti yang dilakukan Holmes dengan klaim-klaim spektakular dari mesin ciptaannya, padahal sebenarnya mesinnya lebih sering error dan malfungsi.

Sekian aja dari gue. Tiga insights yang gue dapet dari buku Bad Blood. Sebenernya banyak banget pelajaran yang bisa didapatkan dari buku ini. Ya seputar dunia start-up, bisnis, pencitraan, investasi dan penipuan. Buat yang tertarik, gue saranin langsung pada baca aja buku ini, ya.

Semoga konten ini bermanfaat!

Kirim Komentar!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: