Tontonan Favorit Saya Sepanjang 2022!

Biar gak kalah sama Obama, tiap akhir tahun saya mau bikin daftar tontonan dan bacaan favorit ah. Biar filmnya makin banyak yang nonton? Enggak. Biar orang lain dapet rekomendasi tontonan akhir tahun? Enggak juga. Saya gak peduli sama gitu-gituan.

Kan udah saya bilang di awal. Saya bikin daftar ini BIAR KAYAK OBAMA. That’s it. That’s my why. Siapa tahu aja ya kan, saya bisa mengikuti jejak Obama. Dan suatu saat saya juga dibikinin patung di depan SDN 01 Menteng.

Oh ya, ini bukan daftar film ya. Ini daftar tontonan. Jadi ada film dan juga TV Show. Saya campur aja biar gak repot bikin daftar banyak-banyak. Dan ini bukan daftar tontonan terbaik, cuma tontonan favorit saya aja. Yang pas nonton saya bisa nikmati sepenuhnya. Bisa ceritanya. Bisa pesannya. Bisa visualnya. Bisa detil teknis lainnya. Subjektif? Ya pasti. Kamu gak setuju? Ya silakan. Boleh banget lho kalau mau berbagi tontonan favorit kamu di kolom komentar.

Oke, kita langsung mulai saja!

DUA FILM LUAR NEGRI FAVORIT SAYA DI TAHUN INI:

  • Everything Everywhere All At Once (EEAAO)
  • Top Gun Mavericks

Yang pertama sebenernya film drama keluarga. Tentang konflik remaja dan orangtuanya. Tentang penerimaan dan ekspektasi. Tentang kehidupan keluarga imigran sederhana di Amerika Serikat. Yang bikin unik itu semua dibungkus sama dunia paralel, silat ciamik, dan dunia visual & imajinasi super absurd. One of a kind deh, pokoknya.

Yang kedua jelas sih, ya. Pesawat tempur. Tom Cruise. Sekuel setelah 36 tahun yang penuh nostalgia. Dari skoring musik sampe skenario dan visualnya, top semua.

FILM-FILM INDONESIA FAVORIT SAYA DI TAHUN INI:

  • Ngeri-Ngeri Sedap
  • Mencuri Raden Saleh
  • The Big Four
  • Perfect Strangers

Ngeri-Ngeri Sedap drama keluarga dengan visual Danau Toba yang bagus banget. Mencuri Raden Saleh menunjukkan bahwa kita juga bisa bikin film heist yang bagus. The Big Four, film komedi aksi original Netflix yang gak kalah seru sama film Netflix bertabur bintang Hollywood.

Tiga yang pertama bisa ditonton di Netflix, ya. Mencuri Raden Saleh baru bisa dinikmati di awal Januari nanti, tapi. Untuk Perfect Strangers ada di Prime Video.

DUA DOKUMENTER FAVORIT SAYA:

  • The Tinder Swindler
  • Untold: The Girlfriend Who Didn’t Exist

Dua-duanya dokumenter soal cinta dan penipuan. Yang satu pelakunya laki-laki sok kaya yang hobi morotin korban-korbannya via dating app. Yang kedua korbannya laki-laki muda atlet American Football berbakat dan penuh potensi yang karirnya hancur gara-gara urusan cinta. Ia pacaran dengan seorang cewek, lalu pacarnya meninggal, lalu kisahnya jadi semangat dan inspirasi dia buat memenangkan kejuaraan nasional. Eh, belakangan ternyata ketahuan bahwa pacarnya gak pernah benar-benar ada. Fiksi doang. Super duper kompleks dan kasihan banget sih. Dua-duanya bisa ditonton di Netflix.

JEPANG-JEPANGAN:

  • What Did You Eat Yesterday?
  • Spy X Family

Tahun lalu saya amat menikmati nonton The Red Restaurants List, akhirnya nyari-nyari serial Jepang yang bahas soal makanan juga. Akhirnya nonton What Did You Eat Yesterday? Sebenernya ini soal kehidupan pasangan gay dan segala problematika karir, sosial, dan keluarganya. Heartwarming banget. Tapi yang amat menarik itu adalah menu-menu makanan yang dimasak di tiap episode. Dari proses persiapan, masak, sampe penyajiannya ditunjukkin detil dan bikin ngiler banget.

Kalau Spy X Family, anime tentang seorang mata-mata yang harus membentuk “keluarga” baru demi menuntaskan sebuah misi. Anya Forger jadi karakter unik yang sukses mencuri perhatian di sini. Anya yang ini jauh lebih berbakat dan imut daripada Anya di dunia nyata yang dagunya lancip bener dan jadi pelakor mulu kalo maen film.

DRAKOR FAVORIT TAHUN INI:

  • Twenty Five Twenty One
  • All Of Us Are Dead
  • Little Women
  • Extraordinary Attorney Woo

Twenty Five Twenty One. Juara sih bagusnya, sampe saya sempet bikin tulisan sendiri khusus buat drakor yang satu ini. One of the best coming-of-age series, dramanya dapet, sejarahnya dapet, akting, cast, dan musiknya juga juara. Sampe sekarang saya masih suka puter OST drakor ini kalo lagi nyetir.

All Of Us Are Dead jadi salah satu tontonan zombie-zombiean favorit. Paling cuma kalah sama Kingdom aja, drama kolosal kerajaan korea yang juga zombie-zombiean. Little Women juga menarik banget buat ditonton, drakor soal intrik politik dan bisnis yang penuh misteri pembunuhan yang bikin penasaran dan plot development yang super seru

Kalau yang terakhir drakor soal dunia hukum dengan bintangnya Woo-Young-Woo, pengacara muda super cerdas yang ada dalam spektrum autistik. Kasusnya unik-unik, dari kasus-kasus hukum yang melibatkan orang dengan gangguan mental, kasus soal pembagian warisan, hak kekayaan intelektual, sampai soal kebocoran data pribadi.

STAND UP SPECIALS:

  • Ricky Gervais: Supernature
  • Trevor Noah: ALL OF THEM
  • Hasan Minhaj: The King’s Jester
  • Dr Jason Leong: Hashtag Blessed

Ricky Gervais memang gak pernah salah. Roasting & sikap IDGAFnya selalu bikin materinya seru dan unik. Juga Trevor Noah, semua standup-nya selalu pecah dan saya suka materi-materinya. Soal Afrika, soal politik Amerika Serikat, sampai seputar media dan kehidupan sehari-hari.

Pas awal-awal tau Hasan Minhaj saya kurang suka dengan gaya komediknya yang terlalu ekspresif dan mengandalkan gestur. Tapi setelah cobain nonton Patriot Act, ternyata lucu juga. Di stand-upnya The King’s Jester, dia ceritain proses di balik layar terciptanya show Patriot Act. Awal mula dia tau mau jadi stand-up comedian. Sampe cerita mengharukan soal gimana ngejalanin stand-up bikin dia punya banyak musuh dan nyawa keluarganya terancam.

Yang terakhir, Jason Leong, saya baru tahu belum lama ini dari Instagram karena sering bahas politik Malaysia secara parodi. Dokter asal Malaysia ini ternyata udah punya Stand-up Special di Netflix. Nungguin sih ada komika asal Indonesia yang punya Stand-up Special di Netflix! Bisa ini bisa, jangan kalah dong sama Malaysia~

Sekian tontonan favorit saya sepanjang tahun 2022 ini. Semoga bermanfaat! Kalau tontonan favoritmu tahun ini, apa? Yuk ikutan share!

Jakarta, 28 Desember 2022

Kirim Komentar!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: