Merefleksikan 2011 (Sebuah Catatan Pengantar)

Tak terasa, bulan Desember sudah memasuki minggu kedua. Dalam belasan hari, tahun ini akan berakhir. Berganti ke tahun yang menegangkan. Bagaimana tidak? Katanya, kiamat itu terjadi tahun depan. Mulai dari ramalan kuno, bukti ilmiah terbaru, hingga film tentang betapa mengerikannya tahun 2012 itu ada dimana-mana. Percaya? Ya gak juga sih. Tapi setidaknya ada sensasi menegangkan yang akan terasa saat 2012 mulai bergulir.

Nah, sebelum kita tegang-tegangan dulu, ada baiknya pengalaman selama tahun 2011 ini kita refleksikan kembali. Kita dokumentasikan. Untuk melihat, seberapa (tidak)produktifkah kita selama setahun ini? Apa saja yang sudah kita pelajari selama setahun ini? Adakah pengalaman menarik? Adakah momentum penting dalam hidup di tahun ini? Mendokumentasikan menjadi hal yang penting, selain bisa melihat pencapaian baik dan buruk, hal ini juga bisa menjadi dasar pembelajaran kita di tahun berikutnya.

Kenapa menggunakan kata “kita”? Sebenarnya saya ingin mengajak orang-orang untuk menuliskan juga pengalaman masing-masing di tahun 2011 ini. Bukannya saya takut menulis sendirian dan disangka orang gila. Bukan. Bagi saya, pengalaman dan cerita masing-masing orang itu menarik. Selalu ada hal yang bisa dipelajari. Entah baik atau buruk. Tapi, ya yang namanya ajakan itu tidak pernah memaksa. Namanya juga ajakan. Mau ya syukur, tak mau juga tak apa. Saya akan tetap menulis kok. hehe..

Sebenarnya bukan hal yang mudah merefleksikan 2011. Ada banyak sekali hal yang terjadi, pengalaman yang berharga, serta momen yang berkesan. Mulai dari pekerjaan, perjalanan, pembelajaran, hingga urusan perasaan. Banyak. Saya tidak tahu ada berapa banyak tulisan (juga waktu) yang dibutuhkan untuk merefleksikan 2011. Yang pasti, saya akan memulai. Satu demi satu tulisan. Hingga saya rasa lengkap dan tidak ada lagi pengalaman yang menarik untuk ditulis.

Ah, ya, saya juga sudah belajar untuk tidak memusingkan terlalu banyak hal. Maka saya akan menulis apa pun yang terlintas di kepala saya. Maka, bisa jadi kumpulan tulisan ini tidak kronologis. Bukannya tidak mementingkan waktu, tapi ingatan saya ini tidak sebegitu bagusnya. Itu saja. Akhir kata, selamat menikmati tulisan demi tulisan yang akan saya tulis. Sekali lagi, saya berharap ada yang mau ikut menulis, agar saya pun dapat belajar banyak dari siapa pun itu yang akan ikut menulis.


Jakarta, 12 Desember 2011
Okki Sutanto.

Kirim Komentar!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s