Sia-Sia Ya, Kuliah Psikologi?

Photo by Alicia Christin Gerald on Unsplash

Saya pernah bikin survei iseng di Instagram Story. Ngajak followers menebak jurusan kuliah saya. Ternyata, tebakannya beragam banget. Ada yang nebak jurusan jurnalistik, sastra, ekonomi, sampai ilmu politik. Sedikit yang nebak dengan benar bahwa saya itu dulunya kuliah psikologi.

Iya, gak bohong koq saya. Sekitar 7 tahun saya habiskan untuk belajar Psikologi di S1 & S2. Lah, berarti jadi psikolog? Enggak juga. Saya ambilnya Magister Sains Psikologi, sehingga pas lulus tidak jadi psikolog. Memang tidak ada keinginan juga untuk jadi psikolog. Saya merasa itu bukan panggilan saya. Saya emang suka aja sama ilmunya.

Di banyak kesempatan, sering denger lawan bicara saya berkomentar:

“Lah lu sekarang bisnis, berarti sia-sia dong kuliah Psikologi-nya?”

Nah, agak bingung saya jawabnya. Kalau maksudnya ijazahnya gak kepake, mungkin ada benarnya. Ijazah sarjana psikologi dan magister saya memang tersimpan di lemari aja tanpa pernah kepake. Mau digadai juga gak laku deh kayaknya. Masih lebih laku BPKB Honda Supra yang batok lampunya udah geter-geter. haha..

Tapi, kalau dibilang kuliahnya sia-sia total, ya enggak juga. Ilmu psikologi kan pada dasarnya ilmu yang mempelajari tentang manusia ya. Ya perilakunya, pikirannya, hingga relasinya dengan manusia lain. Jadi, ilmunya sebenarnya versatile banget.

Selama di bidang kerjaan kita ada urusannya sama manusia, ya kepake-kepake aja sih. Kecuali kamu kerjanya mandiin jenazah kayak Adil di film Siksa Kubur. Mungkin ilmu psikologi gak membantu banyak untuk kamu ngobrol & hang out sama jenazahnya. Eh tapi gak tau juga sih, saya belum pernah ngajak jenazah ngobrol soalnya.

Meski gak jadi psikolog atau HRD (profesi lain yang erat diidentikkan dengan lulusan Psikologi), kerjaan saya setiap hari ya bersinggungan dengan manusia lain. Dari ngurusin karyawan, customer & klien, vendor, driver ojol, sampai rekanan bisnis. Semuanya kan, manusia. Jadi ya kepake-kepake aja koq ilmunya. Sangat aplikatif hingga ke kehidupan pribadi dan keseharian.

Bisa kasih contoh konkrit? Bisa, bisa banget.

#1 Psikologi membantu saya lebih memahami diri sendiri.

Iya, beneran. Belajar psikologi tuh kadang berasa kayak lagi dikasih cermin gede di depan kita. Dikasih lihat diri kita seutuhnya. Jadi banyak kesempatan untuk refleksi dan introspeksi. What did we do wrong. What did our parents do wrong. Why we’re the way we are right now.

“Anjir, jangan-jangan yang red flags itu sebenernya gue ya?”

“Owalah! Ternyata gue jadi kayak gini karena dulu pola attachment gue dan orang tua di masa kecil tuh begitu, toh….”

“Ternyata ada toh yang namanya obsessive compulsive. Kayaknya gue begini, deh.”

“Pantes gue pas remaja suka tolol, ternyata emang perkembangan otaknya belum sempurna toh…”

Sampai sekarang, ilmu psikologi terus berguna buat saya memahami diri sendiri. Hal-hal apa yang membuat saya emosi. Gimana emosi mempengaruhi kemampuan saya mengambil keputusan. Kenapa kalau saya kurang istirahat otak terasa berat dan gak bisa mikir jernih. Dan sebagainya. It helps me become a better person.

#2 Membantu memahami orang lain.

Gak cuma memahami diri sendiri, belajar psikologi juga membantu saya memahami orang lain dengan lebih baik. Kenapa dia begini, kenapa dia begitu. Kenapa orang melakukan sesuatu. Apa yang ingin dicapai sama orang lain. Kenapa ada orang nyebelin. Kenapa ada manusia ngeselin.

Kadang ini kepake banget lho di bisnis. Ketika melihat gelagat karyawan lebih diam atau murung dari biasanya, saya jadi tahu harus ngajak mereka ngobrol lebih lanjut. Dan seringnya benar, entah mereka lagi kurang fit atau ada masalah di rumah. Kepekaan ini membantu saya bisa memberikan yang terbaik buat mereka. Entah saya suruh pulang lebih cepat, ke dokter, atau cuti dulu sementara sampai masalahnya selesai.

Ketika berurusan dengan klien, ilmu-ilmu psikologi juga kepake banget. Misalnya untuk menyortir calon klien yang ribet dan aneh-aneh. Biasa kelihatan koq dari cara mereka chat, nelpon, atau ngomong di toko. Kalau saya melihat gelagatnya udah gak beres, biasa saya bakal tolak dengan halus sih. Saya rekomenin buat ke toko lain aja.

Pernah nemu calon klien aneh, saya tolak lalu ujungnya dia transaksi di toko lain. Eh ternyata bener, pemilik toko itu gak lama curhat bahwa ini klien ribet banget dan malah menimbulkan masalah-masalah yang gak perlu. Psychology helps me identify a threat before it become a problem. And we don’t need unnecessary problem, do we?

#3 Tak mudah berasumsi & lompat ke kesimpulan yang salah.

Belajar psikologi benar-benar membantu saya untuk berpikir lebih terstruktur. Tidak mudah berasumsi. Tidak mudah lompat ke kesimpulan yang salah atau jumping to conclusion. Saya belajar banyak soal ini dari kelas-kelas observasi dan wawancara. Dulu kita bisa dimarahin kalau nulis laporan observasi begini: “Kedua orang yang tengah berpacaran itu sedang berantem di restoran favorit mereka.”

Wah, banyak banget asumsi di situ. Pertama, tahu dari mana mereka pacaran? Apalagi kalau kita cuma observasi dari kejauhan. Bisa aja mereka cuma teman? Saudara? Rekan bisnis? Mantan? Selingkuhan?

Kedua, tahu dari mana mereka lagi berantem? Bisa aja mereka teriak-teriak karena lagi nobar Indonesia – Uzbekistan kan.

Ketiga, tahu dari mana itu restoran favorit mereka? Bisa aja mereka mereka kebetulan aja makan di sana karena restoran favorit mereka lagi kena boikot.

Belajar psikologi membiasakan saya untuk melepaskan asumsi-asumsi subjektif, dan fokus ke hal-hal yang benar-benar bisa divalidasi secara objektif. Memang tidak mudah. Dan jujur sampai sekarang saya pun masih belajar soal ini. Masih suka terjebak ke asumsi yang kurang tepat. Tapi, setidak-tidaknya belajar psikologi membantu saya lebih terstruktur dalam berpikir.

Udah, tiga ini doang? Ya enggak lah. Masih banyak lainnya, cuma gak muat aja kalau saya bahas semua di sini. hehehe..

Intinya, belajar psikologi itu bagi saya pribadi bukanlah sebuah kesia-siaan. Saya belajar banyak ilmu menarik yang amat aplikatif dalam berbagai situasi. Selama saya berinteraksi dengan manusia lain, ilmu psikologi akan selalu ada manfaatnya.

Buat yang tertarik untuk ngulik lebih lanjut soal Psikologi, saya akan bahas di Sekilas Kelas VI hari Jumat ini.

Silakan daftar ke bit.ly/SKLSVI ya. Sampai jumpa di kelas!

Kirim Komentar!